Bentuk Surat Pengunduran Diri atau Resign dan Contohnya

Bagaimana cara Membuat Surat Resign atau Penguduran Diri? Surat Pengunduran Diri Kerja atau yang biasa disebut surat resign memang susah-susah gampang karena kadang jika kalimatnya tidak hati-hati akan jadi bumerang buat kita. Surat Pengunduran Diri dibuat saat kita ingin keluar dari sebuah perusahaan yang jadi tempat bekerja sekarang. Setiap orang memiliki alasan masing-masing mengapa harus keluar dari perusahaan, misalnya ingin membuka usaha wiraswasta, atau mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik. lalu bagaimana cara membuat Surat Resign?

Surat Pengunduran Diri


Dalam menulis Surat Pengunduran diri atau Resign pada dasarnya tidak jauh beda dengan saat kita menulis surat lamaran pekerjaan, yaitu tetap harus memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau sebaliknya jika anda ingin memakai bahasa inggris harus yang baik dan benar secara baku.

Surat Pengunduran Diri


Ada beberapa hal yang harus ada dan dicantumkan dalam menulis surat resign/pengunduran diri, diantaranya:
  •     Tulislah surat pengunduran diri dengan singkat, jelas dan padat dan tidak bertele-tele
  •     Tuliskan pula permintaan maaf jika selama ini telah melakukan salah baik disengaja ataupun tidak
  •     Supaya tidak menimbulkan tanda tanya dan pemikiran negatif oleh atasan dan teman kantor, berikan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian secukupnya untuk perusahaan dan rekan-rekan anda di sana
  •     Ada baiknya jika anda keluar dari pekerjaan karena mendapat pekerjaan baru yang lebih baik, ada baiknya tidak membeberkan secara rinci alasan resign
  •     Beberapa perusahaan memberikan aturan, resign minimal sebulan sebelum resign harap memberitahu, jadi sebelum berhenti untuk bekerja, informasikan dahulu kepada atasan. Biasanya perusahaan juga akan meminta waktu agar anda bersedia untuk melakukan training pengalihan kerja kepada orang atau karyawan yang akan menggantikan.


Contoh Surat Resign




    Pekalongan, 20 Agustus 2014

    Kepada Yth,
    HRD PT. Maju Mekar
    Di Tempat

    Dengan Hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

        Nama                :    Kasdiyanto
        Departemen     :    Staff Accounting
        Jabatan             :    Karyawan
        No.Karyawan   :    12.0083568

    Berdasarkan Kesepakatan Kerja Bersama (KKB) PT.  maju Mekar tentang Karyawan dan Undang–Undang tenaga kerja tentang tata cara pengunduran diri diberitahukan minimal 30 hari sebelum memutuskan keluar, maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari perusahaan ini untuk terhitung 20 September 2014 mendatang.

    Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran bahwa saya harus kembali ke kampung halaman dan menetap disana karena beberapa alasan yang tidak bisa saya sebutkan.

    Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak–hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.

    Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Kasdiyanto



Di dalam Surat pengunduran diri harus to the point dan dengan bahasa yang tepat dan efektif. Buatlah dengan singkat dan menyebutkan surat pengunduran diri di baris subjek dari surat. Sebutkan waktu atau tanggal ketika anda ingin mulai mengundurkan diri. Buatlah juga referensi pemberitahuan seperti yang disebutkan dalam kontrak kerja dan beritahukan juga bahwa anda masih akan bekerja sampai pada batas periode.

Demikian tentang cara membuat Contoh Surat Pengunduran Diri  atau resign dari pekerjaan lengkap dengan tipsnya, semoga bermanfaat.

Bentuk Surat Pengunduran Diri atau Resign dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bakmi Batang

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.